Vrydag 17 Mei 2013

persiden SBY kenaikan BBM bersubsidi tahun 20013 perdampak terhadap masyarakat meskin

Voeg byskrif by
PERSIDEN SBY KENAIKAN BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) BERSUBSIDI BERDAMPAK TERHADAP MASYARAKAT MESKIN


Mata Kuliah Ekonomi Manajerial
Nama Dosen Ir.H. Irdham Anwar, MM.




Disusun Oleh :

                                                             Nama : Hugi Lokon
                                                             Nim : 332122290252
                                                     Program Pascasarjana : Manajemen SDM


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN IMMI(STMA IMMI) 

JAKARTA

2013


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan makalah mata kuliah Ekonomi Manajerial, dalam bentuk tugas makalah berjudul Persiden SBY Kenaikan Bahan Bakar Minak (BBM) Berdampak Terhadap Masyarakat Meskin. Jika makalah ini membahas tentang Presiden SBY kenaikan BBM yang berpengaruh tentang masyarakat kecil berserta pembatasaan BBM kepada masyarakt luas.

Kemudian penulis menyadari bahwa makalah ini tidaklah sempurna, oleh karena itu saya menerima kritikan dan saran yang membangun dari pembaca. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Atas perhatian dan kesempatan serta bimbingan yang telah diberikan Dosen, Ir.H. Irdham Anwar, MM penulis ucapkan terima kasih.


Jakarta 18 Mei Jakarta 2013
                                                                                                Penulis

                                                                                                             HUGI LOKON
                                                                                                     Nim : 332122290252

DAFTAR ISI
Halaman Judul ...................................................................................................
Kata Pengantar ..................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN................................................................................
  1. Latarbelakangmasalah ..........................................................................
  2. Perumusan Masalah ..............................................................................
  3. Tujuan Makalah.....................................................................................
BAB II PEMBAHSAN ..................................................................................
  1. Pengertian kenaikan BBM....................................................................
  2. Solusi Menghadapi Maslah Kenaikan BBM Bersubsidi .....................
  3. Dampak Penggunaan BBM Bersubsidi Secara Umum........................
BAB III PENUTUP........................................................................................

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Dalam berbagai literatur diketahui bahwa peranan kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebenarnya sudah banyak yang mengalami perubahan yang cukup berarti sejak masa orde baru sampai sekarang ini, Namun pada akhir-akhir ini perkembangannya kenaikan BBM ternyata mengalami stagnasi dan cenderung kembali pada kepemimpinan persiden SBY karena situasi dan kondisi yang berkembang di masyarakat saat ini banyaknya Angka Kemiskinan menjadi 10%, penangkuran 9% dan penggamen 70%, membuka lapangan kerja menjadi 6 % pembilihan masyarakat miskin sangat terbatas karena SBY mempunyai kebijakan untuk kenaikan BBM selama jabatan persiden perna dua kali kenaikan BBM subsidi dan pada awala tahun 2012 rakayat Indonesia kembali mendapat kado pahit dari pemerintah dengan adanya rencana pembatasan secara perlahan-lahan penggunaan BBM bersubsidi sampai akhirnya akan di hapuskan. Namun, masih terjadi berbagai lapisan masyarakat miskin juga Meskipun memastikan akan ada kenaikan harga BBM subsidi tahun ini, namun Presiden SBY belum mengumumkan angka besaran kenaikan harga BBM subsidi hari ini. Kenapa?
Belum ditentukan berapa kenaikan harga BBM subsidi Namun, kata Susilo, baik Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian tetap satu suara dan satu angka. "Harganya yang jelas sekitar Rp 6.500 per liter," sedangan harga solat Rp. 5,500 berliter tandasnya. Seperti diketahui pemerintah melalui Presiden SBY mengumumkan kepastian kenaikan harga BBM subsidi akan APBN tidak sampai defisit lebih dari 3% sesuai ketentuan APBN. Saat ini subsidi BBM ditetapkan Rp 193,8 triliun dengan kuota BBM sebanyak 46 juta kiloliter (KL). Jika tidak ada kebijakan BBM subsidi yang efektif maka subsidi BBM bisa lebih dari Rp 200 triliun dan perkiraan Kementerian ESDM kuota BBM subsidi bisa mencapai 53 juta KL. tetapi Dikatakan SBY, pemerintah telah mempersiapkan rencana untuk mengajukan dana kompensasi kenaikan harga BBM subsidi diserahkan kepada DPR lewat APBN perubahan (APBN-P) 2013. Melanjutkan sesuai dengan keputusan tetapi saat ini pun belum kepastian atau keputusan kenaikan BBM saat ini akan datang bulan juni 2013. Adapun Pemerintah pusat melakukan kebijakan kenaikan BBM bersubsidi ini dilakukan karena anggaran untuk BBM bersubsidi sangatlah memberatkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara. Pemerintah juga berencana untuk mengalihkan BBM menjadi bahan bakar gas. Selain itu pemerintah juga berdalih bahwa BBM bersubidi sekarang sudah tidak tepat sasaran.
Padahal BBM bersubsidi adalah salah satu sumber energi yang sangat mendukung pergerakan masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang ada dikalanganka ekomomi menengah ke bawah. Sejumlah pihak kemudian angkat bicara dan menentang rencana tersebut. Dengan ini presiden SBY melakukan kenaikan BBM subsidi 2013 tetapi kenaikan BBM subsidi membuat rakyat semakin wujud ketidakpuasan masyarakat terhadap kebijakan pemerintah. Karena harga BBM diatas dari harga akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan dunia usaha terutama usaha mikro. Ataupun masyarakat meskin yang kalangan menenga.
Maka dari itulah kami berusaha membahas dampak-dampak dari berbagai hal mengenai BBM bersubsidi dan usaha pembatasannya. Agar kita dapat menarik kesimpulan dari polemik pembatasan BBM bersubsidi ini. Sehingga langkah yang kita ambil tidak merugikan siapa pun di masa yang akan datang.


B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan rumusan masalah diatas, dapat ditarik beberapa rumusan masalah yang terjadi akibat kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM. Diantaranya adalah:
  1. Apakah yang menjadi acuan pemerintah untuk meningkatkan harga BBM di Indonesia?
  2. Apakah pengaruh kenaikan BBM terhadap kondisi perekonomian rakyat Indonesia?
  3.  Apakah pengaruh kenaikan BBM terhadap kondisi sosial rakyat Indonesia?
  4. Apakah pengaruh kenaikan BBM terhadap kondisi politik rakyat Indonesia?
  5. Apakah pengaruh kenaikan BBM terhadap kondisi pendidikan rakyat Indonesia?
  6. Apakah pengaruh kenaikan BBM terhadap kondisi kesehatan rakyat Indonesia?
  7. Kebijakan apa yang harus diambil pemerintah agar kenaikan BBM tidak menjadikan rakyatnya semakin miskin/ menderita?
c. TUJUAN MAKALAH
Untuk mengetahui kenaikan BBM bersubsidi berdampak terhadap masyarakat meskin , dan untuk membuka mata pemerintah akan dampak baik maupun buruk jika BBM bersubsidi dibatasi dan harganya melunjak pesat harus diturunkan.

BAB II
PEMBAHASAN
  1. Pengertian Kenaikan BBM
BBM ( bahan bakar minyak ) bersubsidi adalah senyawa hidrokarbon yang dibentuk dari proses yang berlangsung dalam skala waktu geologis. Bahan bakar minyak sendiri merupakan hasil pengilangan dari minyak bumi ( minyak mentah ) yang telah melalui proses pemurnian dan pengubahan struktur serta komposisinya. Proses pemurnian dan pengubahan srtuktur serta komposisinya berlangsung di kilang minyak yang merupakan tempat pengolahah sekaligus distribusi awal BBM. BBM digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor terutama untuk jenis premium, pertamax, dan solar. Namun adapula yang digunakan untuk keperluan rumah tangga seperti LPG dan minyak tanah. Dalam skala kehidupan manusia, BBM merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.
Subsidi ( disebut juga subvensi) adalah bentuk bantuan keuangan yang dibayarkan kepada suatu bisnis atau sektor ekonomi. Sebagian subsidi diberikan oleh pemerintah kepada produsen atau distributor dalam suatu industri untuk mencegah kejatuhan industri tersebut (misalnya karena operasi merugikan yang terus dijalankan) atau peningkatan harga produknya atau hanya untuk mendorongnya mempekerjakan lebih banyak buruh (seperti dalam subsidi upah). Jadi BBM bersubsidi adalah bahan bakar minyak yang digunakan untuk kendaraan bermotor yang pembeliannya sebagian di tanggung oleh pemerintah melalui APBN ( Anggara Pendapatan Belanja Negara ) sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap rakyat miskin. Subsidi BBM dapat pula diartikan sebagai bayaran yang harus dilakukan oleh pemerintah pada Pertamina dalam simulasi dimana pendapatan yang diperoleh Pertamina dari tugas menyediakan BBM di tanah air adalah lebih rendah dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan. BBM bersubsidi sangat membantu rakyat Indonesia dalam melakukan mobilisasi untuk kehidupn sehari-hari. BBM bersubsidi yang digunakan di Indonesia adalah bahan bakar minyak jenis premium.
Menurut Presiden SBY memastikan akan ada kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi tahun 2013 ini akan kenaikan jika ingin katakan, harga BBM naik bila dana kompensasi siap. Saya ingin begitu harga naik, dana kompensasi langsung disalurkan," jika dikatakan oleh presiden SBY, pemerintah telah mempersiapkan rencana untuk mengajukan dana kompensasi kenaikan harga BBM subsidi kepada DPR lewat APBN perubahan (APBN-P) 2013 ujar SBY saat membuka Musrenbangnas di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (30/4/2013)
Menurut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebutkan anggaran subsidi BBM yang 'jebol' perlu dikurangi. Hanya ada satu cara, yakni dengan menaikkan harga. "Saya katakan dengan gamblang subsidi BBM perlu dikurangi. Caranya dengan menaikkan harga BBM dengan terbatas dan terukur kita tidak ingin dan tak punya niat untuk menaikkanya hingga setara dengan harga pasar dan keekonomian," jika SBY menegaskan kembali, kenaikan harga harus secara terbatas dan tertentu secara terukur. Lebih jauh ia mengatakan, kondisi fiskal dan APBN dalam kondisi yang tidak sehat dan kurang aman. Hal ini disebabkan karena beban subsidi yang cukup besar.
"Kalau dibiarkan saja tidak sehat dan kurang aman. Kalau tidak diperbaiki maka defisit anggaran serta keseluruhan fiskal dan APBN bisa melampaui ketentuan atau UU.
Menurut penulis Kenaikan harga BBM subsidi ini, terjadi SBY, akan menyebabkan inflasi. Karena itu pemerintah harus membantu dan melindungi orang yang tidak mampu atau miskin sehingga bisa mencukupi keperluan sehari-hari. Karena angka kemisinan 100% penangkuran 9% penggamen 70%, hanya lapangan kerja menjadi 6 % dalam tahun 2010 -2013 jika mahasiswa papua masudkan kepada persiden SBY Tugas dan bertanggungjawabkan kebijakan pemerintah dengan kenaikan BBM bersubsidi hanya menghitungkan dan mengambil keputusan BBM dinaikkan. Jika BBM bersubsidi naik akan berdampk terhadap masyarakat indonesia, karena Angka kemiskinan di Tanah Air bakal naik seratus persen, seandainya pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Angkanya menjadi 11 persen dari total penduduk Indonesia. Masyarakat indonesi banyak yang miskin langkah apa yang harus dilindungi dan memperdayakan masyarakat oleh sebab itu pemerinta dengan merincanakan program, untuk membantu masyarakat miskin secara efektif, sebertinya pemerintah harus beri beasiswa, dan beri raskin, program keluarga harapan (PKH). Besarnya bantuan tergantung kenaikan harga BBM subsidi SBY. Harus membertanggungjawabkan rakyat miskin sabang sampai merauke.
Menurut DPR minta pemerintah tegas soal BBM Subsidi adalah pemerintah hingga sampai saat ini masih mengeluarkan wacana terhadap kebijakan BBM subsidi. DPR meminta agar pemerintah jangan terus berwacana karena hanya akan meresahkan masyarakat.Walaupun siang ini Presiden SBY memang sudah menyampaikan akan menaikkan harga BBM subsidi secara terbatas, walaupun belum merinci besaran kenaikannya dan kapan eksekusinya. "Tentu kami akan minta pemerintah tegas, kita minta supaya pemerintah lebih tegas dalam mengambil kebijakan publik dengan tidak berwacana terus," kata Anggota Komisi VII DPR, Satya W Yudha dalam pesan singkatnya, Selasa (30/4/2013). Dengan terus mengeluarkan wacana-wacana publik terkait kebijakan BBM subsdi mulai dari pembatasan, dua harga BBM subsidi, satu harga, naik BBM dan banyak lagi namun tidak ada yang terealisasi, akibatnya menimbulkan keresahan di masyakarat. "Jangan berwacana terus, ini akan meresahkan masyarakat, terlebih dengan lemahnya sistem pengawasan pendistribusian BBM subsidi, sehingga timbul penimbunan-penimbunan BBM subsidi,"
1. Apakah yang menjadi acuan pemerintah untuk meningkatkan harga BBM di Indonesia?
Duduk permasalahan terkait rencana Presiden SBY kenaikan harga BBM ini sudah cukup jelas, yaitu terus meningkatnya harga minyak internasional. Asumsi harga minyak pada UU APBN 2012-2013 adalah USD 90/barel, sementara harga WTIcrude oil per 27 Maret kemarin sudah melonjak hingga sekitar USD 107/barel. Hal ini berdampak pada peningkatan beban untuk subsidi pada fostur APBN, yang menurut pemerintah, dapat meningkatkan defisit anggaran sebesar 1% dari 2.2% menjadi 3.2%. Tentunya hal ini akan berdampak pada peningkatan dana tambahan untuk menambal defisit tersebut, yang pastinya akan dibiayai oleh utang. Terkait kenaikan harga minyak dunia tersebut, pada pembahasan APBN-P 2013 pemerintah juga hendak menaikkan asumsi harga minyak menjadi USD 105/barel.
2. Apakah pengaruh kenaikan BBM terhadap kondisi perekonomian rakyat Indonesia?
Ketika kebijakan sudah diambil, maka akan mempengarui beberapa aspek di dalamnya, meskipun hanya sedikit. Akan tetapi perekonomian rakyat Indonesia yang tergolong di dominasi menengah kebawah, akan merasakan pengaruh yang sangat tinngi. Dimana BBM merupakan salah satu banah utama untuk mata pencaharian mereka, jika BBM naik maka sejumlah barang- barang kebutuhan pokok pun juga akan meningkat.
Dari sektor ekonomi masyarakat, akan berdampak pada menurunya daya beli masyarakat karena kenaikan harga BBM maka akan dibarengi dengan kenaikan tarif listrik, transportasi dan berbagai jenis produk. Golongan masyarakat yang paling terkena dampaknya adalah masyarakat miskin. Kebijakan pemerintah dalam memberikan bantuan langsung tunai sangat bermanfaat bagi golongan ini. Setidaknya dalam  jangka pendek ekonomi mereka dapat terbantu. Selanjutnya anggaran tersebut harus mampu dipergunakan dalam meningkatkan ekonomi mikro. Kegiatan perdagangan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri perlu ditingkatkan dan dipenuhi sehingga mengurangi impor, kemudian jika bisa produk kita di ekspor ke negara lain. Janganlah kita menjadi ketergantungan dengan barang impor terus.
3. Apakah pengaruh kenaikan BBM terhadap kondisi sosial rakyat Indonesia?
Kemudian terkait dengan dampak sosial adalah adanya anggapan bahwa Pemerintah hanya mementingkan kepentingan kelompok asing dan golongan kaya yang hanya mencari keuntungan bahkan aspek sosial yang selama ini terabaikan seperti fasilitas jalan raya yang banyak berlubang, bangunan sekolah banyak yang rusak, belum lagi persoalan sampah yang menumpuk tidak dikelola mengancam kesehatan. Lambannya peran Pemerintah mengatasi aspek sosial ini akan menyulitkan pengambilan keputusan terkait kebijakan yang akan dibuat sehingga nantinya akan menjadi tidak optimal secara keseluruhannya. Ditinjau secara menyeluruh bahwa kehidupan masyarakat di kota dan daerah berbeda sehingga peran Pemerintah Pusat dan Daerah diharapkan dapat bersinergi dengan kondisi sosial yang nampak saat ini.
4. Apakah pengaruh kenaikan BBM terhadap kondisi politik rakyat Indonesia?
Dalam kehidupan politik yang sedang berkembang di masyarakat saat ini dilihat sebagai proses berjalannya demokrasi yang pluralis dengan beragamnya budaya dan suku telah membuat proses demokrasi di Indonesia dinilai sebagai suatu keberhasilan, namun masih terkendala dengan akses informasi yang memadai dan transparansi kinerja Pemerintah Pusat dan Daerah masih kurang memuaskan karena begitu banyaknya pejabat di Pemerintahan yang terjerat perkara hukum seperti korupsi, suap, dan kasus pidana lainnya. Pendapat publik terhadap kebijakan Pemerintah di DPR juga masih kurang memuaskan dengan masih banyaknya skandal anggota dewan yang terkait dengan korupsi, suap, bahkan opini publik banyak juga yang memberikan anggapan bahwa lembaga ini seolah tidak mewakili kepentingan rakyat tetapi telah menjadi mesin politik partai untuk meraih simpati rakyat guna pemilu selanjutnya namun tidak sedikit pula anggapan yang menilai bahwa anggota DPR adalah orang-orang yang cerdas, berintegritas dan akuntabel yang akan menjadi ‘pioneer’ untuk melakukan perubahan yang lebih baik bagi bangsa dan Negara Indonesia.
5. Apakah pengaruh kenaikan BBM terhadap kondisi pendidikan rakyat Indonesia?
Biaya pendidikan terutama pendidikan menengah atas dan pendidikan tinggi akan semakin meningkat. Jangkauan masyarakat ekonomi rendah akan sulit untuk melanjutkan pendidikan karena terbatasnya pendapatan dan harga yang semakin tidak terjangkau. Fasilitas sekolah yang terbatas dan bangunan yang rusak juga masih banyak. Belum lagi di beberapa daerah jumlah sekolah tidak sebanding dengan jumlah penduduknya. Kebijakan pemerintah dengan memberikan dana BOS adalah sudah tepat. Subsidi BBM dapat juga perlu diprioritaskan pada pembangunan sekolah, fasilitas sekolah dan beasiswa pendidikan tinggi bagi anak yang berprestasi. SDM berpendidikan adalah investasi bangsa Indonesia kedepannya.
Pemerintah semestinya menyiapkan perencanaan jangka panjang dalam menyiapkan sumber daya manusia sehingga bisa di latih mencapai tujuan tertentu. Seperti contohnya kalau ingin membuat mobil maka kirimlah orang dalam jumlah tertentu untuk belajar ke Negara maju. Selanjutnya setelah selesai pendidikan mereka diberikan fasilitas untuk mengembangkan kemampuanya hingga mampu membuat pabrik sendiri. Dengan demikian maka tidak akan rugi mengirim orang belajar. Kenyataanya dari tahun 1970, program beasiswa seperti ini tidak jelas alurnya sehingga tenaga ahli yang sudah datang tidak diberdayakan dengan baik.
6. Apakah pengaruh kenaikan BBM terhadap kondisi kesehatan rakyat Indonesia?
Pendapat penulis Sektor kesehatan akan terkena dampaknya dimana biaya kesehatan yang meningkat menyebabkan jangkauan layanan kesehatan menjadi sulit karena kenaikan BBM bersubsidi. Jika Ekonomi masyarakat yang rendah biasanya berhubungan dengan kondisi sanitasi lingkungan yang tidak sehat. Meningkatnya kejadian gizi kurang dan gizi buruk akibat terbatasnya pendapatan. Hal ini perlu menjadi perhatian pemerintah selain hanya memberikan jaminan kesehatan masyarakat juga memberikan pembinaan kesehatan pada masyarakat. Peranan puskesmas sebagai ujung tombak kesehatan masyarakat harus dikembalikan peranan utamanya dala upaya pencegahan penyakit. Merevitalisasi program posyandu dalam membina kesehatan masyarakat dan mendeteksi secara dini tumbuh kembang anak.
7. Apakah pengaruh kenaikan BBM terhadap kondisi pendidikan rakyat Indonesia?
Dampak dari kenaikan BBM melalui kebijakan Pemerintah yang telah diantisipasi lebih dulu selain aspek sosial dan ekonomi juga dalam aspek politik yang dinilai akan menjadi pemicu aksi demonstrasi dari kalangan Mahasiswa, Lembaga Swadaya Masyarakat, bahkan dari kalangan pengamat ekonomi dan politik di berbagai tingkat masyarakat juga di lembaga dewan wakil rakyat. Dalam hal ini Pemerintah telah lebih dulu memberikan perhatiannya dengan penjelasan beserta alasan mengenai rencana kenaikan BBM bersubsidi pada 30 April 2013 , SBY ingin katakan, harga BBM naik bila dana kompensasi siap. Saya ingin begitu harga naik, dana kompensasi langsung disalurkan bahwa kenaikan BBM ini terkait dengan situasi global yang dikuti
B. Dampak Penggunaan BBM Bersubsidi Secara Umum
BBM bersubsidi adalah salah satu contoh kebijakan ekonomi yang berjalan tidak adil. Karena secara konseptual BBM bersubsidi digunakan untuk membantu warga negara yang kurang mampu, namun kenyataannya disalahgunakan oleh kalangan kelas menengah keatas. BBM bersubsidi yang lebih banyak dinikmati oleh kalangan menengah keatas mengindikasikan BBM bersubsidi yang salah sasaran. Namun pada tuhun 2013 ini SBY telah mempersiapkan rencana untuk mengajukan dana kompensasi kenaikan harga BBM subsidi kepada DPR lewat APBN perubahan (APBN-P) 2013.
Dari penulis memang SBY kenaikan harga BBM bersubsidi boleh saya tetapi bagaiman kah masyarakat miskin yang belum memberdayakan? contoh menurut penelitian masyarakat kecil yang tempat tinggal dibawah kolong jebatan, kemudian angka kemisikinan makin tinggi, penggamen mulai banyak, KKN pun belum diatasi, apalagi kenaikan BBM bersubsidi sanggat rumit, kapan mau mensejahterakan rakyat?
Menurut data dari sebuah survei misalnya, pemilik mobil pribadi rata-rata menikmati subsidi dari BBM sebesar 1,2 juta perbulan, sangat tidak sebanding dengan apa yang diterima oleh masyarakat yang kurang mampu terutama yang tidak mempunyai kendaraan bermotor. kendaraan-kendaraan roda dua milik masyarakat kurang mampu biasanya membeli BBM yang dijual di kios-kios eceran yang harganya pasti lebih mahal dari SPBU. Harga BBM yang bersubsidi di kios-kios. Jadi jika subsidi ini diteruskan saya rasa hanya akan buang-buang uang dari APBN karena hanya kalangan menengah ke atas saja yang menikmati subsidi ini. Dampak apabila penulis pada tanggal keputusan SBY 2013 mendatang akan nanti memberlakukan kebijakan tersebut bisa di lihat dari :
  1. Tingkat kemiskinan Negara Indonesia akan meningkat, karena apabila pemerintah memang benar – benar memberlakukan kebijakan tersebut dapat di pastikan akan lebih banyak angkatan kerja yang kehilangan pekerjaan ( PHK ) dan makin banyak pengangguran di Indonesia.
  2. Harga bahan pokok seperti beras, gula, cabe, garam, dan lain – lain akan derastis naik.
  3. Tingkat Kriminalitas bertambah, di karenakan masyarakat kecil yang terdesak dan bingung bagaimana cara mereka memperoleh makanan sedangkan harga makanan naik, lalu mereka akan melakukan tindakan kriminal.
  4. Akan terjadi banyak kerusuhan, dapat di pastikan kembali semua golongan akan menolak kebijakan pemerintah ini. Maka golongan – golongan tersebut seperti mahasiswa ormas – ormas masa, serikat – serikat rakyat akan mengadakan demo agar aspirasi mereka untuk masalah BBM ini dapat di perbaiki.
  5. Keempat hal penting yang perlu dilakukan pemerintah adalah mengoptimalkan upaya pemberantasan KKN. Praktek KKN sudah menjadi penyakit yang akut. Survei TII tahun 2011-2013 menempatkan Indonesia negara terkorup ke 4 di dunia. Sungguh prestasi yang menyakitkan, oleh karena itu sudah saatnya hukuman mati dan pemiskinan bagi koruptor tanpa tanpa tebang pilih. Jika KKN di negeri yang kaya akan SDA ini teratasi penulis yakin masyakat akan sejahtera dan tidak akan ada gelombang penolakan terhadap kebijakan pemerintah.
C. Solusi Menghadapi Maslah Kenaikan BBM Bersubsidi
Menurut penulis sebagai Mahasiswa STMA IMMI dan bagian dari masyarakat rakyat INDONESIA. Keputusan Presiden SBY atau pemerintah untuk menaikan dan membatasi bahan bakar minyak (BBM) ada baik dan buruk nya. Di satu sisi pemerintah memberlakukan kebijakan tersebut karena ingin mengurangin beban pengeluaran negara atas pembelian minyak mentah yang di katan harga minyak mentah sekarang ini sudah naik.
Namun , buruk nya dari dua kebijakan tersebut yang membatasi dan menaikan harga BBM itu sangat lah di tentang banyak masyarakat hampir semua golongan menentang kebijakan pemerintah untuk menaikan harga BBM dan membatasi bbm bersubsidi.
Solusi atau jalan keluar menurut saya, lebih baik pemerintah membatalkan kebijakan untuk menaikan harga bbm. Tetapi tetap menjalankan kebijakan pembatasan penggunaan bbm. Seperti pemerintah memberlakuan mobil – mobil pribadi hanya boleh membeli maximal 20 liter bbm bersubsidi dalam sehari. Atau mewajibkan mobil – mobil pribadi menggunakan bbm non subsidi ( pertamax dan pertamax + ) agar bbm bersubsidi dapat di gunakan oleh orang yang tepat ( kalangan menengah kebawah )  .
Kendaraan umum dan kendaraan roda dua ( sepeda motor ) lah yang yang mungkin pantas menggunakan bbm bersubsidi. Karena penggunaan kendaraan umum dan sepeda motor itu rata – rata penggunanya adalah semua golongan. Baik mengengah ke atas maupun menengah ke bawah.

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan

Terimakasih dan mohon maaf sebelumnya apabila ada salah dalam penulisan makalah tersebut. Dan dapat di simpulkan Kebijakan pemerintah untuk menaikan harga BBM dan membatasi penggunaan BBM bersubsidi itu sangat nya menuai pro dan kontra. Dari segi aspek negara pemerintah sangat mengharuskan melakukan kebijakan tersebut agar angaran belanja minyak mentah dapat di tangani. Namun satu sisi banyak masyarakat yang menentang kebijakan tersebut. Masyarakat merasa tercekik atas kebijakan pemerintah tersebut. Dan banyak para ormas dan mahasiswa yang tergerak hati kecil nya untuk membela hak rakyat kecil sehingga banyak terjadi demo di mana mana untuk meminta keadilan agar tidak ada pihak yang merasa di rugikan.
Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa, kebijakan pemerintah dalam menaikkan harga BBM merupakan kebijakan yang positif, karena dapat meningkatkan infrastuktur, perekonomian rakyat, penjaminan kesehatan, pendidikan rakyat. Inilah yang menjadi PR, penting bagi pemerintah dalam upaya peningkatan kesejah teraan rakyat Indonesia, melalui pengawasan-pengawasan yang ketat terhadap oknum-oknum yang dipilih rakyat untuk duduk dikursi pemerintahan.
Dalam mengatasi kenaikan harga BBM pemerintah pasti memiliki tujuan yang akan meningkatkan kesejahteraan rakyat, maka sebagai masyarakat harus mendukung penuh terhadap rencana-rencana yang dilakukan oleh pemerintah. Dan pemerintah juga harus lebih tanggap dalam menghadapi masalah yang ada di dalam negeri khususnya, sehingga masyarakat aman, tenteram, makmur dan berbhineka tunggal .
B. Saran
Pemerintah harusnya memberi kebijakan yang lebih adil dan seharusnya bisa membantu dan memikirkan kepintingan rakyat banyak. Dengan keadaan yang sudah adasituasi kondisi dilapangan lalu memberikan kenaikan BBM bersubsidi:
  1. Presiden SBY memang sudah menyampaikan akan kenaikkan harga BBM subsidi secara terbatas, walaupun belum merinci besaran kenaikannya tetapi bagaimanakah pertibangan racangan kenaikan BBM bersubsidi Tingkat kemiskinan Negara Indonesia akan meningkat.
  2. Kenaikan BBM subsidi ini memanfaatkan oleh pejabat yang memiliki mobil beribadi sedangan masyarakat kecil apa yang dilakukan oleh pemerintah
  3. Kenaikan BBM bersubsidi sangat berdampak terhadap masyarakat miskin sedang nilai kemisinan ,penangkuran, KKN, pengamen, penanguran, lapangan kerja serta masyarakat tidak punya tempat tinggalnya belum layak jadi pemerintah apa yang melakukan terhadap masalah tersebut diatas ini.
  4. Pemerintah harus dibenahi semua masalah lalu dinaikan harga BBM akan meningkat dalam pemberdayaan masyarakat.


DAFTAR PUSTAKA
http://padangekspres.co.id/?news=nberita&id=1731
http://www.yousaytoo.com/dampak-kebijakan-pemerintah-terkait-dengan-kenaikan-bbm/1999195
http://purnamabagus.blogspot.co.nz/2012/03/pengaruh-kenaikan-bbm-pada-ekonomi.html

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking